Sabtu, 15 Januari 2011

macam-macam laptop

TIPS MEMILIH LAPTOP

Saat ini, laptop telah menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang selalu bergerak dan bekerja cepat. Harga mulai terjun bebas. Area hospot untuk internet semakin banyak. Sejarah laptop mulai mendekati sejarah handphone. Mahal diawal-awal, namun semakin lama semakin murah.
Pilihan jenis laptop semakin banyak tidak otomatis memudahkan kita memilih yang terbaik karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang spesifikasi komputer atau laptop. Tulisan ini diharapkan bisa membantu siapa saja yang akan memilih laptop.
Untuk bisa mendapatkan laptop yang layak, ikuti saran-saran dibawah ini:
1. Pastikan kebutuhan komputasi anda. Menurut penulis, ada dua jenis kebutuhan komputasi.
YANG PERTAMA, kebutuhan olah data tulisa dan angka. Kita bisa menyebutnya sebagai kebutuhan kerja kantoran atau administratif. Kebutuhan jenis ini paling pas pake komputer dengan processor minimal Celeron. Harga laptopnya berkisar 4-5 jutaan.
YANG KEDUA, kebutuhan olah multimedia meliputi gambar, video, dan suara. Laptop yang dibutuhkan setidaknya harus pentium4 atau dualcore ke atas. Harga kisarannya sekitar 6 – 7 juta.
2. Pelajari berbagai merek. Ada merek lokal (seperti zyrex, advanced, byon,dll) dan import (Lenovo, Acer, HP/Compaq,Benq, Sony, Fujitsu, Mac, dan sebagainya). Jika anda percaya dengan merek lokal, kenapa tidak mencoba. Beberapa merek lokal memang menunjukan keunikan dan kelebihan tersendiri, setidaknya dari segi harga. Tapi jika masih ragu-ragu, merek import juga sudah mulai banyak yang rada murah terutama untuk yang menggunakan processor Celeron.
3. Pastikan adanya CD driver. Laptop sekarang tidak selalu menyertakan CD driver sehingga hanya kebaikan penjual saja yang mau membagi driver untuk pembeli. Pengalaman penulis membeli Compaq Presario 765, tidak disertakan cd driver. Hanya CD manual aja.
4. Pastikan adanya kartu garansi. Kadang penjual kehabisan kartu garansi. Aneh ya. Harusnya satu unit satu kartu garansi.
5. Luangkan waktu satu hari saja untuk membanding-bandingkan harga setiap jenis dan merek.
6. Hindari membeli merek laptop blackmarket karna ini beresiko pada pelayanan purna jual. Dealer resmi tidak mau menerima service laptop jenis ini.
7. Harga laptop baru dan bekas tidak jauh berbeda. Bandingkan dulu. Jika cukup waktu. Bersabarlah untuk dapat membeli yang baru dari pada beresiko dengan cacat tersembunyi.
8. Ini minimal spefikasi standar laptop jaman sekarang : processor 1,6Ghz, memory DDR2 512mb, HDD 80Gb, DVD-RW, slot USB, cardreader, WIFI(wireless LAN), lan.
Semoga ini membantu.
Ada ide lain?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar